Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru SMA Islam Hidayatullah Semarang

Menulis karya ilmiah merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi oleh para guru SMA sebagai persyaratan peningkatan jenjang karir mereka. Namun, setakat ini, penulisan karya ilmiah masih sering menjadi beban bagi para guru karena keterbatasan pengetahuan mereka tentang teknis penulisan ilmiah. Akibatnya, karya ilmiah yang mereka hasilkan acapkali belum sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah. Bahkan, banyak dijumpai karya ilmiah yang sarat dengan plagiasi. Berdasarkan hal tersebut, kami merasa perlu memfasilitasi para guru SMA dengan memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah dan strategi menghindari plagiasi agar hasil tulisan mereka dapat memenuhi standar keilmuan.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru SMA Islam Hidayatullah Semarang dalam menulis karya ilmiah yang berkualitas. Kegiatan ini dilakasanakan pada hari Sabtu, 14 Mei 2016 di SMA Islam Hidayatullah (JL. Cemara Raya, No. 290, Padangsari, Banyumanik, Semarang). Tepat pukul 07.30, seluruh Panitia dan Narasumber Pengabdian Kepada Masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP telah berada di lokasi Pengabdian, yaitu di Lantai 3 SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang. Mereka telah mempersiapkan berbagai keperluan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah yaitu backdrop terpasang di tembok bagian belakang dari Gedung pertemuan, meja kursi pelatihan dan perangkat registrasi, sarana pelatihan audio visual, seperti LCD, screen, laptop, seminar kit (clear sleeves, name tag, notebook, pen), materi pelatihan dari 4 narasumber, daftar hadir beserta alat tulisnya, snacks and drinks, serta lunch box.

Rangkaian waktu, kegiatan, pembicara dan penanggungjawab Pengabdian Masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP adalah sebagai berikut.

a.       Registrasi

Sebelum memasuki ruang pelatihan, setiap peserta pelatihan diterima oleh Panitia Pendaftaran, yaitu Dra. CAP Ellysafni, M.Ed, Ayu Ida Safitri, S.S, M.Hum, dan Sabila Rosdiana. Para peserta Pelatihan diminta untuk mengisi daftar hadir, menerima 1 set seminar kit, menerima 1 set materi pelatihan dari 4 Narasumber, serta menerima snacks and drinks. Kemudian para peserta dimohon memasuki ruang pelatihan dan menempati meja dan kursi yang telah disediakan.

b.      Pembukaan

Pengabdian Masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP dibuka pada pukul 08.00 WIB oleh Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat Dr. M. Suryadi, M.Hum bertempat di Gedung Pertemuan Lantai 3 SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang. Acara dibuka dengan bacaan Basmallah bersama-sama.

Acara selanjutnya adalah Laporan Ketua Panitia Pengabdian Masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP dan Sambutan Kepala Sekolah SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Palatihan dan Pengabdian Masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP Dr. M. Suryadi, M.Hum menyampaikan bahwa sebuah perguruan tinggi, khususnya Universitas Diponegoro sangat peduli dengan masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut diwujudkan dalam bentuk Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP kali ini berupa Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah yang tentunya sangat penting bagi para pendidik, khususnya bagi pamong dan guru di SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang. Melalui pelatihan ini, para guru dan pamong SMA Hidayatullah Semarang diharapkan bisa memahami dan menyerap materi pelatihan yang disampaikan oleh pembicara dengan baik. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta bisa menulis dan menyusun karya ilmiah yang merupakan tuntutan bagi setiap tenaga pendidik dan guru yang profesional.

Acara selanjutnya adalah sambutan Kepala Sekolah SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang. Dalam sambutannya, kepala sekolah menyampaikan ucapan terima kasih bahwa pengabdian masyarakat Program Magister Linguistik FIB UNDIP periode ini diperuntukkan bagi para guru SMA Hidayatullah. Pelatihan penulisan karya ilmiah menurut Kepala Sekolah sangat penting dan diperlukan bagi guru karena setiap guru yang profesional memiliki kewajiban untuk menulis karya ilmiah sebagai salah satu syarat menjadi guru yang profesional. Karya ilmiah hasil tulisan guru tersebut selanjutnya dipresentasikan pada pertemuan ilmiah atau dipublikasikan di jurnal ilmiah. Kepala sekolah berharap agar para guru sebagai peserta pelatihan bisa mengikuti dengan baik semua kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah hingga akhir acara.

c.       Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Pelatihan Penulisan Karya ilmiah berlangsung mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 11.30 WIB. Peserta palatihan adalah para pamong (kepala sekolah, staf administrasi dan staf perpustakaan) dan para guru SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang.

Pelatihan dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi dengan topik bahasan dan pembicara sebagai berikut.

Sesi I         :  Struktur karya ilmiah oleh Dr. Nurhayati, M.Hum.

Sesi II       :  Teknik Pengutipan dan Upaya Menghindari Plagiasi oleh Dr. Agus Subiyanto, M.A.

Sesi III      :  Penulisan Gagasan Pendukung yang Konkrit oleh Herudjati Purwoko, Ph.D.

Sesi IV      :  Praktik Penulisan Draf Karya Ilmiah oleh Dr. Suharno, M.Ed.

Dalam sesi I, Dr. Nurhayati, M.Hum memaparkan papernya mengenai Desain Usulan Penelitian Pendidikan. Desain usulan penelitian tersebut terdiri dari 9 (sembilan) unsur, yaitu 1) latar belakang masalah, 2) merumuskan masalah, 3) tujuan penelitian, 4) kerangka dan kajian teoritis, 5) variabel penelitian dan fokus penelitian, 6) hipotesis atau pertanyaan penelitian, 7) metodologi penelitian, 8) jadual penelitian, dan 9) rencana dan anggaran biaya.

Pada sesi II, Dr. Agus Subiyanto, M.A mempresentasikan tulisannya tentang Teknik pengutipan dan upaya menghindari plagiasi. Terdapat 3 (tiga) cara memasukkan informasi atau kutipan yang berasal dari tulisan orang lain. Ketiga macam pengutipan tersebut yaitu 1) by quoting, 2) by paraphrasing, dan 3) by summarizing. Agus Subiyanto menjelaskan panjang lebar tentang teknik pengutipan dan contohnya. Teknik pengutipan dengan parafrase menurut Agus bisa berupa changing vocabulary, changing word class, dan changing word order. Agus dalam paparannya juga menambahkan tentang teknik penulisan daftar pustaka yang sangat penting dan merupakan wujud serta tanggung jawab penulis yang telah melakukan pengutipan karya orang lain.

Sesi III diisi oleh Herudjati Purwoko, Ph.D yang memaparkan tentang Penulisan gagasan pendukung yang konkrit. Herudjati menyampaikan bahwa pada umumnya penulisan karya ilmiah memiliki kelemahan, yaitu kurangnya data pendukung. Karya ilmiah banyak yang lemah karena tidak disertai dukungan data terperinci dan hanya dipenuhi dengan asumsi serta generalisasi tanpa dukungan data faktual.

Pada sesi IV, Dr. Suharno, M.Ed menjelaskan mengenai pertanyaan Menulis artikel Ilmiah, mengapa tidak? Penjelasan dimulai dengan ungkapan “Menulis itu mudah”. Secara runtut Suharno mendeskripsikan 5 (lima) komponen penting dalam artikel ilmiah, yaitu 1) laporan yang sistematis, 2) hasil kajian atau hasil penelitian, 3) audiens, 4) kontribusi hasil kajian terhadap disiplin ilmu terkait, dan 5) dipikirkan, dikaji kembali, diuji, dan diperdebatkan. Suharno menyatakan tentang struktur artikel ilmiah yang meliputi pendahuluan, metode, temuan, dan pembahasan. Struktur karya ilmiah juga bisa berupa abstrak, pandahuluan, metode, hasil, dan diskusi. Setelah memaparkan tentang komponen artikel ilmiah, Suharno meminta para peserta untuk melakukan instant writing, yaitu praktik menulis draf karya tulis ilmiah. Para peserta dibagi ke dalam group work sesuai dengan bidang ilmu terkait yang digeluti para guru. Dalam menyusun draf karya ilmiah, para peserta didampingi para Pendamping yang siap memberi masukan ketika peserta menyusun draf karya ilmiah. Pendamping yang selalu siap memberi masukan yaitu I.M. Hendrarti, M.A, Ph.D, Dr. Ratna Asmarani, M.Ed, Drs. Mualimin, M.Hum, Prihantoro, S.S, M.A, dan Arido Laksono, S.S, M.Hum.

Setelah terbentuk karya tulis ilmiah, selanjutnya masing-masing kelompok secara bergantian mempresentasikan hasil karyanya untuk memperoleh evaluasi dan masukan guna kesempurnaan draf karya ilmiah tersebut.

Para peserta pelatihan yang tergabung dalam masing-masing kelompok tampak antusias, terus berusaha dan penuh semangat memproduksi draf karya ilmiah, memaparkannya, dan menerima masukan demi sempurnanya draf karya ilmiah yang mereka susun.

d.      Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat

Sebelum acara berakhir, para peserta diminta mengisi form evaluasi pelaksanaan pengabdian masyarakat yang didistribusikan oleh Panitia bagian Feedback, yaitu Pratama Rifka, S.Hum, M.A dan M.Irfan Zamzami, S.Hum, M.A. Pengisian form evaluasi bertujuan sebagai bahan feedback atau umpan balik dari peserta pelatihan kepada pelaksana pelatihan agar pada pelatihan berikutnya bisa berlangsung lebih baik dan lebih bermanfaat bagi pelaksana dan peserta pelatihan.

e.       Penutup

Pada pukul 11.45 Pembawa Acara, Ibu Dwi Wulandari, S.S, M.A menyampaikan bahwa semua kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dan evaluasinya telah selesai. Untuk selanjutnya adalah acara terakhir yaitu acara penutup berupa sambutan penutup dan penyerahan plakat. Sambutan Penutup disampaikan oleh Kaprodi Magister Linguistik UNDIP, Dr. Deli Nirmala, M.Hum dan penyerahan Plakat UNDIP diserahkan oleh Kaprodi Magister Linguistik UNDIP kepada Kepala Sekolah SMA Hidayatullah Banyumanik Semarang.

Setelah seluruh rangkaian acara Pelatihan selesai, para Peserta, Pembicara dan Panitia meninggalkan ruang pelatihan untuk menerima Sertipikat Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah yang dilanjutkan kegiatan makan siang yang sudah disiapkan oleh Panitia bagian Konsumsi, yaitu Dra. Lubna A. Sungkar, M.Hum, Dra. R.Aj. Atrinawati, M.Hum, Dra. Wiwiek Sundari, M.Hum, Muhsiyana Nurul, dan Sartika Hijriati.