WORKSHOP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS TEK (BAHASA) BAGI PARA PENELITI DAN PEMERHATI BHASA DI SEMARANG

Balai bahasa, termasuk balai bahasa di Semarang,  mempunyai peranan  yang sangat strategis dalam rangka melakukan pembinaan, pengembangan dan penelitian bahasa  Indonesia maupun  bahasa-bahasa daerah.  Dengan adanya program-program penelitian oleh  balai bahasa, di samping perguruan tinggi,  bahasa Indonesia dapat dikembangkan dan bahasa-bahasa lokal/daerah yang semakin sedikit jumlah penuturnya atau bahasa daerah yang terancam punah dapat diinventarisasi sehingga dapat memperkaya  arsip tentang  berbagai bahasa daerah dan bahasa-bahasa tersebut  tidak akan  punah  begitu saja.

Seiring  dengan perkembangan ilmu dan teknologi, metode-metode penelitian bahasa juga semakin berkembang sehingga  para  peneliti di Balai Bahasa  perlu  diberi penyegaran dan dibekali tambahan ilmu berupa metode-metode penelitian bahasa yang lebih “up-to-date”.  Oleh karena itu, Program Studi Magister Linguistik, FIB UNDIP kerjasama dengan Balai Bahasa di Semarang menyelenggarakan kegiatan berupa workshop tentang metode penelitian bahasa dengan fokus pada Metode Penelitian Etnografis dan Teknik Analisis Teks dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Workshop ini diikuti terutama para staf peneliti di lingkungan Balai Bahasa di Semarang.

TEMA

Tema workshop ini adalah Peningkatan Kemampuan Menganalisis Teks (Bahasa) bagi Para Peneliti dan Pemerhati Bahasa di Semarang.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Untuk meningkatkan wawasan tentang metode penelitian bahasa, terutama untuk teknik analisis teks kepada para peneliti bahasa di Semarang.
  2. Untuk  memperluas jaringan kerjasama antara peneliti balai bahasa dan peneliti di lingkungan perguruan tinggi.

SASARAN

Para peneliti dan pemerhati bahasa di kota Semarang, terutama dilingkunan Balai Bahasa.

PELAKSANAAN

Workshop diselenggarakan pada hari  Rabu tanggal 21 Nopember 2012 bertempat di Aula Balai Bahasa Semarang pukul 08:30 – 15:00 WIB.