PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH UNTUK GURU-GURU SMA DAN SMK BIDANG BAHASA DI KOTA SEMARANG

Menulis merupakan salah satu bentuk kemahiran berbahasa yang memerlukan latihan terus menerus. Bagi sebagian orang, khususnya masyarakat akademis, menulis karya ilmiah merupakan beban tersendiri, terlebih bagi mereka yang jarang atau tidak pernah menulis karya ilmiah. Banyaknya aturan-aturan yang harus mereka patuhi dalam menulis ilmiah menyebabkan kegiatan ini sebagai penghalang.

Sementara itu, menulis karya ilmiah merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi oleh para guru SMA dan SMK sebagai persyaratan peningkatan jenjang karir mereka. Namun, setakat ini, penulisan karya ilmiah masih sering menjadi beban bagi para guru karena keterbatasan pengetahuan mereka tentang teknis penulisan ilmiah. Akibatnya, karya ilmiah yang mereka hasilkan acapkali belum sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah. Bahkan, banyak dijumpai karya ilmiah yang sarat dengan plagiasi. Berdasarkan hal tersebut, kami merasa perlu memfasilitasi para guru SMA dan SMK dengan memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah dan strategi menghindari plagiasi agar hasil tulisan mereka dapat memenuhi standar keilmuan.

Kegiatan ini merupakan respon dari rumpang tersebut. Kegiatan ini juga merupakan wujud dari salah satu pemenuhan kewajiban dalam tri darma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat.

PELAKSANAAN

Kegiatan pelatihan “Penulisan karya ilmiah untuk guru-guru SMA dan SMK bidang bahasa di Kota Semarang” ini dilaksanakan atas kerja sama antara Program Studi Magister Linguistik UNDIP dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Pihak Program Studi Magister Linguistik UNDIP berperan sebagai penyedia nara sumber, komsumsi, dan penggandaan materi, sedangkan pihak Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah berperan sebagai pelaksana, nara sumber, penyedia tempat dan koordinator peserta.

Kegiatan dimulai pada hari Rabu, 30 April 2014 pukul 08.00 sampai dengan 16.00 bertempat di aula Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta. Kegiatan dibuka dengan laporan ketua panitia oleh Dr. Suharno, M.Ed. dan disambut oleh perwakilan dari Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, kemudian acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang dengan mengemukakan pentingnya kesadaran masyarakat didik untuk menghasilkan karya ilmiah agar hasil karya mereka dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai wahana untuk meningkatkan pengetahuan. Sebelum acara pelatihan dimulai, nara sumber dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah memberi ceramah tentang pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam karya ilmiah dan perlunya peningkatan kompetensi guru, khususnya dalam hal mempublikasikan karya ilmiah.

Acara inti pelatihan dimulai dengan ceramah tentang struktur karya ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Nurhayati, M.Hum. Selanjutnya, J. Herujati Purwoko, Ph.D. memberi ceramah tentang sistem pengutipan dan penulisan referensi. Setelah istirahat siang, kegiatan dilanjutkan dengan praktek penyusunan draft karya ilmiah yang dipandu oleh Dr. M. Suryadi, M.Hum. dan dibantu oleh tiga nara sumber, yaitu Dr. Suharno, M.Ed., Dr. Agus Subiyanto, M.A., dan Dr. Deli Nirmala, M.Hum.. Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan ini mendapat antusias dari para peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. Mereka menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan baru pertama kalinya mereka dapatkan. Oleh karena itu, mereka menghimbau bahwa di tahun-tahun mendatang, kegiatan ini perlu diadakan lagi, khususnya penulisan laporan penelitian yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.

PANITIA

Ketua

:

Dr. Suharno, M.Ed.

Wakil Ketua

:

Dr. Agus Subiyanto, M.A.

Sekretaris

:

Dr. Deli Nirmala, M.Hum.

Pemateri

:

Dr. Nurhayati, M.Hum.

 

 

 

J. Herudjati Purwoko, Ph.D.

 

 

 

Dr. M. Suryadi, M.Hum.

 

JADWAL PELAKSANAAN

Waktu

Kegiatan

Pembicara/ Penanggungjawab

08.00 - 08.30

Pembukaan

Pewara

 

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Panitia

 

Laporan Ketua Panitia

Dr. Suharno, M.Ed.

 

Sambutan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

Drs. Pardi, M.Hum.

 

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang sekaligus membuka acara secara resmi

Drs. Bunyamin, M.Pd.

 

Penyerahan Cinderamata

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kepada Universitas Diponegoro

 

Penyerahan Cinderamata

Universita Diponegoro kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang

 

Doa

Panitia

08.30 - 09.00

Pentingnya Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang

09.00 - 09.30

Pemanfaatan Bahasa Indonesia dalam Karya Ilmiah

Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

09.30 - 11.00

Sesi 1:

Struktur Karya Ilmiah

Dr. Nurhayati, M.Hum

 

11.00 – 12.00

Sesi 2:

Teknik Pengutipan dan Upaya Menghindari Plagiasi

J. Herudjati Purwoko, Ph.D

12.00 – 13.00

Ishoma

Panitia

13.00 – 13.30

Sesi 2:

Teknik Pengutipan dan Upaya Menghindari Plagiasi

J. Herudjati Purwoko, Ph.D

13.30 – 15.30

Sesi 3:

Praktik Penulisan Draft Karya Ilmiah

Dr. Suharno, M.Ed.

Dr. Agus Subiyanto, M.A

Dr. Deli Nirmala, M.Hum

15.30 – 16.00

Penutupan

Panitia

SIMPULAN

Kegiatan ini dianggap berhasil karena dengan adanya kegiatan ini, para guru bidang studi kebahasaan menjadi lebih percaya diri dalam menulis karya ilmiah. Kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan merancang kegiatan lanjutan, yakni pembimbingan penulisan sampai peserta mampu menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas.