Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang

Menulis  karya ilmiah merupakan salah satu tugas yang harus dipenuhi oleh para guru SMP sebagai persyaratan peningkatan jenjang karir mereka. Namun, setakat ini, penulisan karya ilmiah masih sering menjadi beban bagi para guru karena keterbatasan pengetahuan mereka tentang teknis penulisan ilmiah. Akibatnya, karya ilmiah yang mereka hasilkan acapkali belum sesuai dengan kaidah penyusunan karya ilmiah. Bahkan, banyak dijumpai karya ilmiah yang sarat dengan plagiasi. Berdasarkan hal tersebut, kami merasa perlu memfasilitasi para guru SMP dengan memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah dan strategi menghindari plagiasi agar hasil tulisan mereka dapat memenuhi standar keilmuan.

TUJUAN

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para guru SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarangdalam menulis karya ilmiah yang berkualitas.

SASARAN

Para guru SMP Pangudi Luhur Domenico Savio Semarang

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Waktu: 28 Maret 2015

Tempat: SMP Pangudi Luhur Domenico Savio SemarangJl. Dr. Sutomo 6, Semarang, Jawa Tengah

JADWAL KEGIATAN

Waktu

Kegiatan

Pembicara/Penanggungjawab

08.00-08.30

Pembukaan

Kepala Sekolah SMP PL Domenico Savio

08.30-10.30

Sesi 1:

Struktur Karya Ilmiah   

Dr. Nurhayati, M.Hum 

10.30-12.30

Sesi 2:

Teknik Pengutipan dan Upaya Menghindari Plagiasi 

J. Herudjati Purwoko, Ph.D

12.30– 13.00

Ishoma

Panitia

13.00 – 15.00

Sesi 3:

Praktik Penulisan Draft Karya Ilmiah 

Dr. Suharno, M.Ed

Dr. Agus Subiyanto, M.A

Dr. Deli Nirmala, M.Hum

Dr. I.M. Hendrarti, M.A.

Dr. M. Suryadi, M.Hum.

Ariya Jati, S.S., M.A.

Dwi Wulandari, S.S., M.A.

Retno Wulandari, S.S., M.A.

Mytha Chandria, S.S., M.A.

Arido Laksono, S.S. M.Hum. Prihantoro, S.S., M.A.

Drs. Jumino, M.Lib., M.Hum.

15.00 – 15.15

Penutupan

Panitia

PELAKSANAAN KEGIATAN

Kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Maret5 2015, dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00, dan bertempat di laboratorium komputer SMP Domenico Savio. Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta. Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia oleh J. Herudjati Purwoko, Ph.D, dan dilanjutkan dengan sambutan pembuka oleh Kepala SMP Domenico Savio, Br.Albertus Suwarto, FIC, M.Pd

Acara inti pelatihan dimulai dengan ceramah tentang struktur karya ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Nurhayati, M.Hum. Selanjutnya, J. Herujati Purwoko, Ph.D. memberi ceramah tentang perbedaan opini dan fakta, serta cara menyajikan gagasan pendukung fakta dalam karya ilmiah, baik melalui pengutipan ataupun data statistik. Setelah istirahat siang, kegiatan dilanjutkan dengan praktek penyusunan draft karya ilmiah yang dipandu oleh Dr. Suharno, M.Ed., Dr. Agus Subiyanto, M.A., serta anggota tim Pengabdian. Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang bagus dari para peserta, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta. Mereka menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka dalam meningkatkan kemampuan menulis.

Secara umum kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan waktu yang direncanakan. Materi yang disiapkan dapat diberikan dengan baik. Namun ruang tempat pelatihan terlalu sempit untuk menampung semua peserta pelatihan, sehingga pada sesi latihan, peserta kurang leluasa berdiskusi dengan teman dalam satu kelompok ataupun dengan pemandu pelatihan.

PENUTUP

Kegiatan pengabdian ini secara umum berjalan dengan baik. Semangat para peserta mengikuti pelatihan dari awal sampai selesai menunjukkan bahwa mereka sangat membutuhkan kegiatan seperti ini. Untuk itu, pada tahun-tahun mendatang diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan lebih intensif sehingga peserta pelatihan pada akhinya mampu menulis karya ilmiah yang berkualitas.