MAGISTER LINGUISTIK UNDIP SELENGGARAKAN SEMINAR INTERNASIONAL LANGUAGE MAINTENANCE AND SHIFT (LAMAS) KE 5

Semarang,undip.ac.id- Untuk kelima kalinya, Magister Linguistik UNDIP bekerja sama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Seminar Internasional Language Maintenance and Shift (LAMAS) pada hari Rabu hingga Kamis tanggal 2-3 September 2015 di Hotel Neo Candi Semarang. Seminar LAMAS V kali ini diikuti oleh para linguis dan pemerhati Bahasa dari lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Timor Leste, India, dan Amerika Serikat.

Dengan menyuguhkan enam pembicara utama yang diundang dari luar dan dalam negeri, seminar ini juga menampilkan 87 pemakalah pendamping yang juga berasal dari luar dan dalam negeri. Para pembicara utama dalam LAMAS kelima ini antara lain Prof Aron Reppmann, Ph.D (Trinity Christian College, USA), Prof Yudha Thianto, Ph.D (Trinity Christian College, USA), Priyankoo Sarmah, Ph.D (Indian Institute of Technology Guwahati, India), Drs. Pardi, M.Hum (Balai Bahasa Provinsi Jateng, Indonesia), Dr. M. Suryadi, M.Hum (Universitas Diponegoro, Indonesia), Herudjati Purwoko, Ph.D (Universitas Diponegoro, Indonesia).

 

Seminar Internasional LAMAS V ini merupakan keberlanjutan dari Seminar LAMAS tahun-tahun sebelumnya. Mengambil tema “The Role of Indigenous Language in Contructing Identity” Seminar LAMAS ini masih mengemban misi untuk mengkaji kebertahanan dan pergeseran Bahasa-bahasa yang ada di Indonesia dan dunia, dan menjadi wadah bagi para linguis untuk menyebarluaskan temuan mereka tentang Bahasa daerah yang menarik untuk diketahui.

Dalam dua hari, Seminar Internasional LAMAS V ini berlangsung lancar dengan jadwal cukup padat. Hari pertama (tanggal 2 September 2015) pelaksanaan Seminar LAMAS dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 07.00, dilanjutkan dengan Pembukaan Seminar LAMAS oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Pada pukul 08.30 Seminar diawali dengan Sesi Pleno 1 yang diisi olehProf Reppmann, Prof Yudha, dan Sarmah Ph.D dengan moderator Dr. Nurhayati, M.Hum. Selanjutnya adalah sesi parallel 1-3 mulai pukul 11.00 hingga pukul 16.30 menampilkan 48 makalah. Seminar pada hari kedua (tanggal 3 September 2015) diawali oleh pemaparan Pembicara Utama keempat yaitu Drs. Pardi, M.Hum yang merupakan Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah dengan moderator Agus Sudono, S.S., M.Hum. Kemudian, dilanjutkan oleh pemaparan dua Pembicara Utama berikutnya, Dr. Suryadi, M.Hum dan Herudjati Purwoko, Ph.D dengan moderator Dr. Agus Subiyanto, M.A. Sesi parallel 4-5 dimulai pukul 11.00 hingga pukul 15.30. Terakhir, Penutupan Seminar pada pukul 16.00 oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.