Seminar Internasional LAMAS 6 tanggal 9-10 Agustus 2016

Kegiatan seminar internasional Language Maintenance and Shift (LAMAS) 6 dengan mengambil tema “Empowering Schools, Families, and Media for Maintaining Indigenous Languages” telah diselenggarakan pada hari Selasa sampai dengan Rabu tanggal 9-10 Agustus 2016 di Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang yang telah diikuti oleh 137 pemakalah dengan jumlah makalah sebanyak 100, dan 4 perserta, yang berasal dari berbagai kota baik di Jawa (Bandung, Cianjur, Cilacap, Jakarta, Jobang, Kuningan, Magelang, Makasar, Purwokerto, Salatiga, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta), luar Jawa (Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat), dan berbagai negara (Polandia, Amerika, Singapura, Malaysia). Dalam seminar ini para pemakalah menyajikan makalahnya dalam bentuk power point Topik makalah yang disajikan meliputi Analisis Wacana, Linguitik Terapan (Pengajaran Bahasa dan Penerjemahan), Morfologi, Fonologi, Pragmatik, Psikolinguistik, Semantik, Sosiolinguistik, Sintaksis, Pemerolehan Bahasa, Bahasa dan Kebudayaan, dan Perencanaan Bahasa.

Kegiatan seminar diawali di hari pertama dengan registrasi ulang pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB. Selanjutnya tepat pukul 08.00 WIB, ketua panitia,, Herudjati Purwoko, Ph.D. menyampaikan laporan kegiatan dan diikuti dengan pembukaan oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya. Acara selanjutnya adalah sesi pleno pertama yang dihadiri oleh dua pembicara yaitu Prof. Hywel Coleman, M.A., OBE  dari University of Leeds, USA dan Mohd Mukhlis Bin Abu Bakar, Ph.D.  dari National Institute of Education, Singapore. Acara berlangsung sampai pukul 11.15 WIB, dan dipandu oleh  Dr. Deli Nirmala, M.Hum. Setelah sesi pleno, sesi parallel pertama dimulai pukul 11.15 sampai 12.45 yang terdiri atas lima sidang parallel dan masing-masing terdiri atas empat pemekalah. Acara selanjutnya adalah rehat makan siang sampai pukul 13.45 WIB.

Sesi paralel kedua dan ketiga berlangsung secara terus menerus dari pukul 13.45 WIB sampai dengan 16.45 WIB, dan diikuti rehat sore pukul 16.45 sampai 17.00 WIB.

Hari kedua, kegiatan diawali dengan registrasi ulang pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 07.30 WIB. Selanjutnya tepat pukul 08.00 WIB adalah sesi sesi pembicara kunci (keynote speaker) yang disampaikan oleh Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, dan dipandu oleh Drs. Pardi M.Hum., kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Acara ini berlangsung pada pukul 07.30 sampai 08.30 WIB.

Sesi berikutnya adalah sesi pleno kedua, yang dihadiri oleh dua pembicara yaitu Dr. Agus Subiyanto, MA dari Universitas Diponegoro dan Peter Suwarno, Ph.D  dari Arizona State University, USA. Sesi ini dipandu oleh Dr. Suharno, Ph.D. mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan 10.30 WIB

Setelah rehat selama 30 menit, seminar dilanjutkan dengan sesi paralel keempat pada pukul 11.00 WIB, dan diikuti rehat makan siang sampai pukul 13.30 WIB. Sesi paralel kelima berlangsung dari pukul 13.30 WIB sampai dengan 15.30 WIB, dan diikuti rehat sore sampai pukul 15.45 WIB. Acara selanjutnya adalah penutupan seminar oleh Wakil Dekan IV (Arido Laksono, S.S., M.Hum.).