Seminar dan Lokakarya Nasional: Penelitian Tindakan Kelas dalam Perspektif Etnografi, 2 Oktober 2010

Akhir – akhir ini sudah sering dibicarakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam berbagai kesempatan dan tempat. Namun, selalu saja ruang kosong yang selama ini belum terisi.  Untuk itulah, Panitia menawarkan pendekatan etnografis yang kemudian kami kemas dalam kegiatan Semiloka dengan tema “ Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendekatan Etnografi “. Selain tema besar tersebut, panitia juga menyediakan subtema PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dalam berbagai pendekatan dengan maksud untuk memberik kesempatan yang lebih luas pada para dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi bahasa.

 

Pembicara utama dalam seminar ini adalah J. Herudjati Purwoko, Ph.D dari Universitas Diponegoro (Undip) dengan makalahnya yang berjudul "Teori & Praktik Mengajar Bahasa Inggris: Speaking Ability", Prof. Dr. Joko Nurkamto dai Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, dengan judul makalahnya "Penelitian Tindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaannya", dan Dr. Subiantoro dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan jduul makalahnya "Pelaksanaan dan Pelaporan Penelitian Tindakan Kelas".

 

Adapun makalah lain tersaji dalam prosiding yang terdiri dari terjemahan, thematic progression, Model dan desain penelitian tindakan kelas, perilaku verbal dosen dengan mahasiswa asing, supervisi klini, dan lain sebagainya. Akhirnya, semoga prosiding tersebut dapat menjadi inspirasi untuk kegiatan sejenis, syukur – syukur bisa menjadi “ Pedoman “ bagi langkah selanjutnya.

Download artikel seminar (Prosiding) di sini